Minggu, 06 Maret 2016

Profil dan Biodata Najwa Shiha

Profil dan Biodata Najwa Shiha


Najwa Shihab yang biasa dipanggil Nana adalah pembawa berita dan reporter televisi, yang berprestasi dan profesional. Nana lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 16 September 1977. Najwa adalah puteri kedua dari Quraisy Shihab, mantan Menteri Agama di era Kabinet Pembangunan VII. Pada umur 20 tahun, Nana menikah muda, dengan Ibrahim Assegaf, dan kini ia sudah memiliki seorang anak laki-laki yang dipanggil Izzat (6 tahun). Najwa Shihab menempuh pendidikan mulai dari TK Al-Quran, SD di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah, lalu SMP dan SMU Al-Ikhlas, Jeruk Purut, Jakarta Selatan. Dan kemudian melanjutkan ke Fakultas Hukum Universitas Indonesia, tamat tahun 2000.
Profil dan Biodata Najwa Shihab

Profil dan Biodata Najwa Shihab :
Pada saat kelas dua SMU, Najwa Shihab mendapat kesempatan AFS (America Field Service), yaitu program pertukaran pelajar ke Amerika, program ini dilaksanakan oleh Yayasan Bina Antarbudaya, selama satu tahun di AS. Awalnya nana merintis karier di RCTI, tahun 2001, namun kemudian ia memilih bergabung dengan Metro TV. Najwa Shibab bergabung dengan Metro TV sebagai presenter berita sejak 2001 dan Pada tahun 2005, ia menjadi anchor program Mata Najwa.
Dengan kemampuannya, banyak prestasi yang telah Najwa shihab raih dan memperoleh berbagai penghargaan, seperti dari PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Pusat dan PWI Jaya untuk lapora-laporannya dari Aceh, saat bencana tsunami melanda kawasan itu, Desember 2004, Nana juga mendapat penghargaan pada Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2005, Nana meraih penghargaan untuk HPN Award. Tahun 2006 ia terpilih sebagai Jurnalis Terbaik Metro TV, dan masuk nominasi Pembaca Berita Terbaik Panasonic Awards. Pada tahun yang sama, bersama sejumlah wartawan dari berbagai negara, Najwa terpilih menjadi peserta Senior Journalist Seminar yang berlangsung di sejumlah kota di AS, dan menjadi pembicara pada Konvensi Asian American Journalist Association Tahun 2007, selain kembali masuk nominasi Pembaca Berita Terbaik Panasonic Awards, ia juga masuk nominasi (5 besar) ajang di tingkat Asia, yaitu Asian Television Awards untuk kategori Best Current Affairs/Talkshow presenter.

Awal 2008 Najwa shihab berangkat ke Australia sebagai peraih Full Scholarship for Australian Leadership Awards, untuk mendalami ilmu hukum media. Tahun 2010, kembali Najwa Shihab masuk sebagai nominasi Presenter Berita Terbaik Panasonic Awards. Tahun 2011, Najwa Shihab meraih penghargaan Asian Television Awards (ATA) 2011 sebagai pemenang kedua atau Highly Commended untuk kategori Best Current Affairs Presenter dalam acara Mata Najwa di Metro TV. Sebelumnya pada tahun 2009 juga menjadi juara kedua dan pada tahun 2007 menjadi juara ketiga. Presenter Najwa Shihab dari MetroTV meraih penghargaan Young Global Leader (YGL) 2011 dari World Economic Forum (WEF) yang berkedudukan di Geneva, Swiss, karena pencapaian profesional, komitmen terhadap masyarakat dan kontribusinya yang potensial dalam membentuk masa depan dunia dengan kepemimpinannya yang memberi inspirasi terhadap kaum muda lainnya.

Najwa merupakan wartawan yang pertama mewawancarai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, tak lama setelah pelantikan. Hampir semua tokoh politk nasional pernah ia wawancarai. Tokoh manca negara yang pernah ia wawancarai, antara lain adalah mantan Deputi Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim.

Biodata Najwa Shihab :
Nama lengkap : Najwa Shihab
Panggiln : Nana
Lahir  : 16 September 1977 di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Almamater : Fakultas Hukum Universitas Indonesia
Pekerjaan : Pembaca berita dan reporter
Agama : Islam
Twitter : @NajwaShihab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar